Miliki asuransi mobil banjir, solusi tepat untuk kerugian

Manfaat asuransi mobil banjir biasanya berasal dari perpanjangan pertanggungan yang kita miliki. Hal ini tentunya membutuhkan premi di atas normal, sehingga diperlukan penganggaran yang cermat.

Risiko kehilangan kendaraan juga lebih tinggi di daerah rawan banjir. Pasalnya, mobil yang terkena banjir kerap mengalami kerusakan parah, termasuk kerusakan mesin.

Selain itu, harga jual mobil yang terkena banjir biasanya akan turun drastis dibandingkan mobil sejenis biasa. Untuk itu, pembelian layanan asuransi tambahan sangat disarankan.
Istilah asuransi kapal banjir dapat digunakan

Anda mungkin masih bingung seperti apa kondisi banjir yang bisa diklaim dengan asuransi. Harap perhatikan ketentuan berikut jika Anda ingin mengklaim kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh banjir:

Pastikan asuransi mencakup perpanjangan garansi

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah bahwa polis asuransi menanggung kerusakan akibat banjir. Tentu saja, jika layanan ini merupakan layanan tambahan dan Anda tidak memilikinya, Anda tidak dapat mengklaimnya.

Jangan perbaiki mobil Anda sendiri

Syarat selanjutnya jika ingin menggunakan asuransi mobil banjir adalah tidak membawa mobil ke bengkel atau memperbaiki sendiri. Hubungi saja perusahaan asuransi untuk mengevakuasinya.

Pastikan dokumentasi dan asuransi kendaraan lengkap

Syarat selanjutnya agar klaim banjir dapat dibuat adalah memastikan semua dokumen kendaraan seperti BPKB, dokumen polis dan berbagai dokumen pendukung lainnya masih utuh dan tidak terkena banjir.

Uang Pertanggungan sesuai ketentuan dalam polis

Penanggung tidak dapat sepenuhnya mengganti kerugian yang ditimbulkan. Namun disesuaikan dengan nilai tanggungan yang ditentukan di awal.
Kenali asuransi mobil tambahan

Umumnya, setiap perusahaan asuransi kendaraan menawarkan jenis pertanggungan TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Pada tipe TLO, pertanggungan hanya mencakup kerugian yang bernilai besar.

Sedangkan tipe All Risk (Comprehensive) dapat mengcover berbagai bentuk kerusakan kendaraan mulai dari kerusakan ringan, sedang hingga berat. Beberapa perusahaan juga menawarkan layanan tambahan khusus untuk jenis ini.

Penambahan biasanya mempengaruhi nilai premi yang harus dibayar. Untuk jenis pertanggungan All Risk, perlindungan yang diberikan secara umum meliputi:

Ganti rugi atas kerusakan kendaraan kelas ringan, sedang dan berat.
Santunan atas kehilangan kendaraan karena pencurian atau kejahatan lainnya.
Kompensasi dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga jika terjadi kecelakaan.

Di sisi lain, asuransi juga menawarkan pilihan manfaat lain yang bisa Anda pilih untuk disertakan atau tidak. Beberapa manfaat tambahan ini biasanya meliputi:

Asuransi mobil untuk banjir dan angin topan.
Jaminan perlindungan pribadi bagi penghuninya jika terjadi kecelakaan.
Jaminan perlindungan diri bagi pengemudi jika terjadi kecelakaan.
Santunan atas kerusakan mobil akibat huru-hara, demonstrasi atau hal serupa.
Ganti rugi atas kehilangan barang-barang pribadi di dalam kendaraan.
Ganti rugi atas kerusakan mobil yang disebabkan oleh kebakaran.
Santunan mobil yang hilang akibat bencana alam.

Sumber :

You May Also Like

About the Author: Ahmad